Pengertian Keterampilan Menyimak Sebagai Aspek Keterampilan Berbahasa
![]() |
keterampilan menyimak |
Kegiatan pembelajaran di sekolah pada umumnya mencakup beberapa aspek 4 (empat) keterampilan berbahasa, yakni menyimak, berbicara, membaca dan menulis. Nurjamal, dkk (2013:2) menyatakan bahwa pengertian keterampilan menyimak ialah keterampilan yang pertama kali dipelajari dan dikuasai manusia. Sejak insan bayi, bahkan semenjak dalam kandungan sang ibu, kita sudah mulai berguru menyimak. Dilanjutkan saat kita terlahir di muka bumi, proses berguru menyimak atau mendengarkan itu terus menerus kita lakukan.
Sedangkan Tarigan (2008:29), menyimak yaitu acara mendengarkan lambang–lambang verbal yang dilakukan dengan sengaja, penuh perhatian disertai pemahaman, apresiasi dan interpretasi untuk memperoleh pesan, informasi, memahami makna komunikasi, dan merespons yang terkandung dalam lambang verbal yang disimak. Kaprikornus pengertian keterampilan menyimak ialah keterampilan mendengarkan lambang–lambang verbal yang dilakukan dengan sengaja, penuh perhatian disertai pemahaman, apresiasi dan interpretasi untuk memperoleh pesan, informasi, memahami makna komunikasi, dan merespons yang terkandung dalam lambang verbal yang disimak.
![]() |
keterampilan menyimak |
Pada cuilan lain Tarigan sebut bahwa pada acara mendengar mungkin saja si pendengar tidak memahami apa yang didengar. Pada acara mendengarkan sudah ada unsur kesengajaan, tetapi belum diikuti unsur pemahaman sebab itu belum menjadi tujuan. Kegiatan menyimak mencakup beberapa aspek mendengar, mendengarkan, dan disertai perjuangan untuk memahami materi simakan. melaluiataubersamaini demikian kegiatan menyimak ada unsur kesengajaan, perhatian dan pemahaman, yang ialah unsur utama dalam setiap kejadian menyimak
Selanjutnya Tarigan menyatakan bahwa faktor-faktor penting dalam menyimak yaitu :
- Membedakan antara suara fenomis
- mengingat kembali kata- kata
- Mengidentifikasi tata bahasa dari sekelompok kata
- Mengidentifikasi bagian-bagian pragmatik, ekspresi
- Menghubungkan gejala intonasi, memperkirakan dan menerangkan
- makna yang terkandung dalam isi wacana
- Mengulang ide-ide penting, dan kata –kata penting
Dalam pelaksanaan pembelajaran, keterampilan menyimak dilaksanakan secara terpadu dan menerima perhatian yang sama dengan keterampilan berbahasa lain. Namun dalam pelaksanaannya, menyimak masih kurang menerima perhatian dan seringkali dianggap praktis oleh siswa maupun guru. Mereka beranggapan bahwa tiruana orang yang normal niscaya sanggup menyimak dan kemampuan menyimak akan dikuasai oleh siswa secara otomatis. Pendapat ibarat ini sebetulnya kurang sempurna dan harus dihilangkan. Kemampuan menyimak untuk memperoleh pemahaman terhadap perihal verbal tidak akan terbentuk secara otomatis atau spesialuntuk dengan perintah biar mendengarkan saja tetapi harus dilatih dengan baik.
loading...
0 Response to "Pengertian Keterampilan Menyimak Sebagai Aspek Keterampilan Berbahasa"
Posting Komentar