Contoh Soal Pre Test (Pretest) Pkb Kepala Sekolah
![]() |
| CONTOH SOAL PRE TEST (PRETEST) PKB KEPALA SEKOLAH |
Kepala sekolah juga harus mengikuti Kepala Sekolah (Guru) Pembelajar atau Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Kepala Sekolah (Madrasah). Sebelum mengikuti Kegiatan PKB Kepala Sekolah di haruskan mengikuti Pre Test (Pretest) Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Kepala Sekolah (Madrasah). Berikut ini misal Soal Pre Test (Pretest) Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Kepala Sekolah (Madrasah).
1 | Untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran sekolah akan menerapkan pembelajaran kontekstual untuk tiruana mata pelajaran. Konsekuensi logis dari kegiatan tersebut yakni ... |
a. | Membuat surat edaran yang ditanhadirani tiruana guru wacana kesediaan melakukan pembelajaran kontekstual, |
b. | Menugasi wakil kepala sekolah bidang kurikulum untuk mengumpulkan Silabus dan RPP tiruana mata pelajaran dan diperiksa wacana kegiatan pembelajarannya, |
c. | Sekolah mengadakan IHT ( In House Traning ) wacana pembelajaran kontekstual dan ditindaklanjuti pembuatan perangkat pembelajaran, serta dievaluasi tingkat efektifitas dan efisiensinya, |
d. | Meningkatkan kegiatan KKG sekolah untuk tiruana mata pelajaran. |
e. | Mewajibkan setiap guru untuk mengumpulkan Silabus dan RPP |
2. | Agar penerimaan siswa gres pada SDN 2 KAOTAN berjalan lancar dan terkendali, seharusnya sekolah tersebut ... |
a. | Menyusun dan memutuskan petunjuk pelaksanaan operasional terkena proses PSB yang merujuk pada POS secara regional, dan didiberitakan kepada masyarakat, sebelum PSB di laksanakan, |
b. | Menyusun dan berbagi edaran wacana PSB kepada masyarakat, sebelum PSB dilaksanakan |
c. | Mensosialisasikan kriteria PSB kepada masyarakat melalui media masa atau mediaelektronika, sebelum PSB di laksanakan |
d. | Menyusun dan memutuskan petunjuk pelaksanaan operasional terkena proses PSB yangmerujuk pada POS secara regional, sebelum PSB di laksanakan. |
e. | Menyusun dan merencanakan dan mengedarkan melalui media |
3. | Pada dikala rapat dewan pendidik untuk memutuskan kelulusan siswa terdapat 3 siswa lulus UjianNasional tetapi tidak lulus ujian sekolah lantaran satu mata pelajaran ujian sekolah di bawah kriteria kelulusan. Menyikapi hal tersebut Kepala Sekolah ... |
a. | Menetapkan 3 siswa tersebut tidak lulus sekolah atas dasar hasil rapat dewan pendidik, |
b. | Menghimbau pada rapat dewan pendidik untuk meluluskan 3 siswa tersebut, menyangkutprestise sekolah, |
c. | Meluluskan 3 siswa tersebut lantaran ujian nasional mempunyai bobot lebih dari pada ujiansekolah, |
d. | Memerintahkan guru mata pelajaran yang menjadikan tidak lulus untuk menambah nilaiagar siswa tersebut lulus sekolah. |
e. | Mengundang guru tersebut untuk meluluskan siswa |
4. | Kepala SDN 2 KAOTAN ROGOJAMPI akan mempertanggungjawabankan pelaksanaan kegiatan sekolah. Yang dilakukan oleh Kepala Sekolah tersebut diakhir Tahun Pelajaran yakni ... |
a. | Mempertanggungjawabankan pelaksanaan kegiatan sekolah dalam bentuk laporan tertulispelaksanaan kegiatan sekolah kepada Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/ Kota, |
b. | Mempertanggungjawabankan pelaksanaan kegiatan sekolah dalam bentuk laporan tertulispelaksanaan kegiatan sekolah kepada Pemerintah Kabupaten/Kota melalui Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, |
c. | Mempertanggungjawabankan pelaksanaan kegiatan sekolah bidang akademik pada rapat dewanpendidik dan non akademik pada rapat komite sekolah dalam bentuk laporan, |
d. | Mempertanggungjawabankan pelaksanaan kegiatan sekolah pada komite sekolah, DinasPendidikan Kabupaten/ Kota dalam bentuk laporan tertulis. |
e. | Mempertanggungjawabankan pelaksanaan kegiatan sekolah sesuai dengan peraturan yangberlaku |
5. | Dewan guru menghendaki pada SDN 2 KAOTAN pada hari sabtu tidak ada kegiatanpembelajaran tetapi dimanfaatkan untuk kegiatan ekstrakurikuler. Menyikapi hal tersebut Kepala Sekolah ..... |
a. | Tidak menyetujui dengan alasan tidak sesuai dengan hukum yang ada, |
b. | Menyetujui atas dasar hasil rapat dewan pendidik dan persetujuan Yayasan, serta dilaksanakandengan baik dan akuntabel, |
c. | Menyetujui tetapi dengan syarat pada hari sabtu bukan hari libur, |
d. | Tidak menyetujui lantaran akan merugikan siswa. |
e. | Menyetujui dengan pertimbangan dari keputusan dewan pendidik. |
6. | Pada kegiatan supervisi oleh Kepala Sekolah, seorang guru meminta supervisor untuk mengamatikhusus pada kemampuan metode bertanya. Menyikapi hal tersebut Kepala Sekolah selaku supervisor ... |
a. | Memdiberikan pengarahan bahwa hal itu berperihalan dengan konsep dari supervisi, |
b. | Menyarankan bahwa hal itu tidak bisa dilakukan lantaran kegiatan supervisi harus melihattiruana aspek pada kegiatan pembelajaran, |
c. | Menyetujui seruan tersebut sebagai serius pengamatan, tetapi aspek yang lain juga dilihatsesuai aspek yang ada pada instrumen, |
d. | Tidak menyetujui lantaran supervisi dilakukan untuk kegiatan penilaian kinerja guru. |
e. | Memdiberi nasehat kepada guru yang bersangkutan untuk memperbaiki |
7. | Sekolah akan mempersembahkan pelayanan kepada siswa, sehingga setiap siswa sanggup mengembangkandan mengekspresikan dirinya sesuai dengan kebutuhan, bakat, dan minat, serta dapat mengembangkan prestasinya. Untuk menyikapi hal tersebut di atas yang sanggup dilakukan olehsekolah yakni ... |
a. | Melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan sekolah,sehingga talenta siswa sanggup berkembang secara optimal, |
b. | Membentuk kelas unggulan, sehingga potensi siswa sanggup berkembang secara optimal denganpelayanan khusus yang sudah dirancang, |
c. | Menambah mata pelajaran muatan lokal yang orientasinya pada keunggulan lokal, sehinggatiruana siswa yang mengikuti mata pelajaran tersebut sanggup mempunyai keterampilan khusus, |
d. | Menambah jam tatap muka mata pelajaran olah raga, sehingga pelayanan talenta anak dapatdidiberikan secara optimal. |
e. | Menambah jam kegiatan ekstrakurikuler sesuai dengan kondisi dan situasi keunggulan lokal. |
8. | Untuk meningkatkan kualitas pengelolaan, sekolah menyusunpedoman operasional sekolah. Pedoman pengelolaan sekolah meliputi ... |
a. | RKAS, KTSP, Silabus, RPP, Kaldik, RAPBS, Jadwal Mengajar, Jurnal, Daftar Hadir, |
b. | KTSP, Kaldik, Struktur Organisasi Sekolah, Pembagian Tugas Guru Dan Tendik, Tata Tertib Sekolah, Peraturan Akademik, Kode Etik, dan Beaya Operasional Sekolah, |
c. | RAPBS, KTSP, Silabus, RPP, Kaldik, Pembagian Tugas Guru dan Tendik, Daftar Hadir, |
d. | KTSP, Silabus, RPP, Kaldik, Jurnal, Pembagian Tugas Guru Dan Tendik, Tata TertibSekolah, Peraturan Akademik, Dan Beaya Operasional Sekolah, |
e. | RPP, Silabus, KTSP, Jurnal, Pembagian Tugas Guru, Tata Tertib. |
9. | KTSP SD NEGERI 2 KAOTAN sudah ditanda tangani oleh Dinas Pendidikan tingkat Kabupaten. Sekolah tersebut berkehendak menyempurnakan KTSP-nya, lantaran isi KTSP tersebut dipandang masih sangat kurang. Untuk memecahkan persoalan tersebut Kepala Sekolah sebagai penanggungjawaban KTSP melakukan:... |
a. | Memerintahkan wakil kepala bidang kurikulum segera merevisi KTSP sesuai belum sempurnanya yang ada, |
b. | Membentuk TIM monitoring keterlaksanaan KTSP dan segera melaksanakan kegiatan sehinggadiperoleh informasi wacana belum sempurnanya yang ada dan dipakai sebagai materi revisi KTSP pada tahun diberikutnya, |
c. | Menugaskan kepada TIM penyusun KTSP untuk segera merombak KTSP sesuai belum sempurnanyayang ada, sehingga dalam tahun berjalan KTSP lebih sempurna, |
d. | Menugaskan kepada TIM penyusun KTSP untuk melaksanakan penilaian dokumen KTSP dansegera dibenahi belum sempurnanya yang ada. |
e. | Merencanakan penyusunan instrumen KTSP sebagai materi monitoring untuk di evaluasi. |
10. | Pada ulangan harian pertama kelas IV ada 4 siswa dari 40 siswa di kelas itu yang belum tuntas. Guru kelas tersebut tidak memperhatikan siswa yang belum tuntas tersebut, lantaran sudahmencapai ketuntasan kelas lebih dari 85%. Menyikapi persoalan di atas Kepala Sekolahmelakukan….. |
a. | Mengingatkan kepada tiruana guru pada rapat dewan guru untuk melaksanakan konsep penilaian pada KTSP secara benar dan akuntabel, |
b. | Membiarkan guru tersebut lantaran sudah sesuai dengan konsep penilaian konsep KTSP |
c. | Menegur guru tersebut pada rapat dewan guru lantaran melaksanakan kesalahan penanganan dalam melaksanakan penilaian, |
d. | Membiarkan guru tersebut lantaran kegiatan penilaian ialah otoritas guru meskipun belum sesuai dengan konsep penilaian pada KTSP |
e. | Menasehati kepada guru yang bersangkutan untuk aktif dalam rapat dewan guru |
11. | Guna pemenuhan Standar Pengelolaan, sekolah mendayagunakan setiap unsur pada sekolah tersebut. Salah satu bentuk pendayagunaan yakni ..... |
a. | Menetapkan wakil kepala Sekolah yang bertanggungjawaban sesuai bidangnya sebagai pengelola pada bidangnya, |
b. | Menetapkan wakil kepala Sekolah yang melaksanakan kiprah dan bertanggungjawaban sesuai bidangnya sebagai pengelola pada bidangnya, |
c. | Menetapkan wakil kepala Sekolah yang bertanggungjawaban sesuai bidangnya sebagai pemmenolong kepala sekolah dalam mengelola sesuai bidangnya, |
d. | Menetapkan wakil kepala Sekolah yang melaksanakan kiprah dan bertanggungjawaban sesuai bidangnya sebagai pemmenolong kepala sekolah dalam mengelola sesuai bidangnya |
e. | Menetapkan wakil kepala sekolah untuk melaksanakan sesuai dengan bidang tugasnya |
12. | Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 Tahun 2007, wacana Standar Proses memilih bahwa pelaksanaan pembelajaran ialah implementasi dari RPP. Pelaksanaan pembelajaran pada kegiatan inti meliputi proses interaktif, inspiratif, sangat bahagia, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta mempersembahkan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik dan memuat proses eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi. Pada kenyataanya pada sekolah tersebut masih banyak guru yang belum melaksanakan. Menyikapi hal tersebut Kepala Sekolah melakukan...... |
a. | Menghimbau kepada tiruana guru dalam setiap peluang untuk melaksanakan prosespembelajaran sesuai dengan Permendiknas tersebut, |
b. | Melaksanakan workshop pembelajaran dan ditindaklanjuti di KKG/KKKS serta dipantau dan diadakan training secara intensif, |
c. | Selalu mengingatkan tiruana guru pada setiap rapat dewan guru untuk segera mengubah proses pembelajaran sesuai dengan Permendiknas tersebut, |
d. | Menugasi wakil kepala bidang kurikulum selalu mengajak tiruana guru untuk melaksanakan pembelajaran sesuai dengan Permendiknas tersebut. |
e. | Memdiberikan edaran kepada tiruana guru untuk mempelajari Permendiknas No. 41 Tahun 2007 |
13. | Untuk meningkatkan mutu akademik, sekolah berkeinginan untuk mengatur kegiatan akademik, dan hasil rapat dewan pendidik disahkan adanya peraturan akademik di sekolah tersebut. Menyikapi hal tersebut kepala sekolah melakukan... ... |
a. | Segera memerintahkan kepada wakil kepala bidang akademik untuk segera mengumumkan secara verbal kepada seluruh siswa |
b. | Segera membentuk TIM akademis dan wakil kepala bidang akademik untuk segera mensosialisasikan kepada seluruh siswa |
c. | Segera membentuk TIM akademis dan wakil kepala bidang akademik untuk segera menyusun Peraturan Akademik dan disosialisasikan kepada tiruana fihak pemangku kepentingan di sekolah tersebut. |
d. | Segera membentuk TIM akademis dan wakil kepala bidang akademik untuk segera menyusun Peraturan Akademik dan menetapkan, serta disosialisasikan kepada tiruana fihak pemangkukepentingan di sekolah tersebut. |
e. | Segera membuat SK pembentukan TIM akademis untuk disosialisasikan kepada tiruana guru mapel/guru kelas |
14. | Bentuk LHBS untuk setiap mata pelajaran yang sesuai dengan Permendiknas No 20 tahun 2007 yakni ..... |
a. | Satu nilai untuk satu mata pelajaran |
b. | Satu nilai untuk satu mata pelajaran beserta deskripsi kemajuan belajar |
c. | Satu nilai setiap aspek untuk setiap mata pelajaran |
d. | Satu nilai pencapaian kompetensi mata pelajaran, disertai dengan deskripsi kemajuan belajar, |
e. | Satu nilai untuk tiruana mata pelajaran |
15. | Kegiatan pelayanan konseling sangat dibutuhkan oleh siswa, untuk kepentingan tersebut guru BK meminta mengajar 1 jam tatap muka dan dituliskan dalam jadwal pelajaran. Menyikapi hal tersebut Kepala Sekolah ... |
a. | Mengabulkan seruan tersebut meskipun menambah beban balajar siswa, |
b. | Tidak mengabulkan seruan tersebut lantaran akan menambah beban mencar ilmu siswa |
c. | Mengabulkan seruan tersebut atas dasar hasil rapat dewan pendidik, tetapi 1 jam tersebut bukan ialah beban mencar ilmu siswa, |
d. | Tidak mengabulkan seruan tersebut meskipun kegiatan tersebut sangat penting. |
e. | Mengabulkan seruan tersebut dengan menambah jam ekstrakurikuler. |
16. | Permendiknas No. 19 tahun 2007 wacana Standar Pengelolaan Pendidikan Oleh Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah, menyatakan bahwa Supervisi pengelolaan akademik dilakukan secara teratur dan berkelanjutan oleh kepala sekolah/madrasah dan pengawas sekolah/madrasah. Menyikapi hal tersebut Kepala Sekolah ... |
a. | Menyusunan aktivitas supervisi pengelolaan akademik di sekolah dan disosialisasikan ke seluruh pendidik, serta dilaksanakan secara teratur dan berkelanjutan, |
b. | Menyusun aktivitas supervisi akademik di sekolah dan pelaksanaannya dilakukan oleh wakil kepala sekolah bidang kurikulum dan atau guru senior, |
c. | Melaksanakan kegiatan supervisi akademis bersama pengawas sekolah, |
d. | Menyusun jadwal kegiatan supervisi dan disosialisasikan serta pelaksanaanya didelegasikan kepada wakil bidang kurikulum dan atau guru senior. |
e. | Menyusun aktivitas kerja supervisi akademis dan dilaporkan kepada atasan. |
17. | Sekolah akan mengembangkan budaya membaca dan menulis bagi setiap siswanya. Untuk menyikapi hal tersebut di atas sekolah melakukan:... |
a. | Setiap proses pembelajaran disahkan memakai perpustakaan sebagai somber belajar, |
b. | Menambah jumlah buku di perpustakaan untuk menunjang kegiatan tersebut |
c. | Diadakan jam wajib baca dan menulis bagi setiap siswa di sekolah tersebut, |
d. | Setiap proses pembelajaran untuk setiap mata pelajaran disahkan mengembangkan budaya membaca dan menulis melalui tugas-tugas yang relevan, |
e. | Membentuk tim dengan berhubungan dengan guru mapel. |
18. | Visi SD NEGERI 2 KAOTAN yakni sebagai diberikut: " Berprestasi, berbudaya, dan ber IPTEK, serta dilandasi IMTAQ " dan salah satu misinya yakni meningkatkan kualitas pembelajaran. Salah satu tujuan jangka pendek yang terkait dengan misi tersebut adalah... |
a. | Sebagian guru melaksanakan pembelajaran sesuai dengan Permendiknas No. 41 Tahun 2007 wacana Standar Proses |
b. | Guru merencanakan dan melaksanakan pembelajaran sesuai dengan Permendiknas No. 41 Tahun 2007 wacana Standar Proses |
c. | Semua guru merencanakan dan melaksanakan pembelajaran sesuai dengan Permendiknas No. 41 Tahun 2007 wacana Standar Proses |
d. | Sebagian guru merencanakan dan melaksanakan pembelajaran sesuai dengan Permendiknas No. 41 Tahun 2007 wacana Standar Proses |
e. | Semua guru mapel membuat RPP dan silabus sesuai dengan ketentuan Permendiknas No. 41 Tahun 2007 |
19. | Dari hasil penilaian sekolah diakhir tahun, SDN 2 KAOTAN akan meningkatkan efektifitas dan efisiensi bidang keuangan dan pembiayaan. Menyikapi hal tersebut, kepala SDN 2 KAOTAN melakukan....... |
a. | Membentuk TIM untuk menyusun pedoman pengelolaan biaya investasi dan operasional, dan RKAS yang akan dilaksanakan pada tahun diberikutnya |
b. | Membentuk TIM untuk menyusun RKAS yang akan dilaksanakan pada tahun diberikutnya, diputuskan oleh komite sekolah, diputuskan oleh kepala sekolah dan mendapat ijin dari institusi di atasnya, serta disosialisasikan kepada tiruana masyarakat sekolah, |
c. | Membentuk TIM untuk menyusun pedoman pengelolaan biaya investasi dan operasional, diputuskan oleh komite sekolah, diputuskan oleh kepala sekolah dan mendapat ijin dari institusi di atasnya, serta disosialisasikan kepada tiruana masyarakat sekolah |
d. | Membentuk TIM untuk menyusun pedoman pengelolaan biaya investasi dan operasional, diputuskan oleh komite sekolah dan diputuskan oleh kepala sekolah, serta disosialisasikan kepada tiruana masyarakat sekolah |
e. | Membentuk TIM dengan dewan komite sekolah dan disosialisasikan kepada tiruana masyarakat sekolah. |
20. | SDN 2 KAOTAN ROGOJAMPI akan meningkatkan kualitas pengelolaan Sistem Informasi Manajemen, sehingga seruan dan pemdiberian informasi serta pengaduan dari masyarakat berkaitan dengan pengelolaan sekolah sanggup segera didiberikan atau diketahui. Menyikapi hal tersebut di atas sekolah melakukan........ |
a. | Memerintahkan wakil kepala untuk menyediakan akomodasi informasi yang efisien, efektif, dan simpel diakses, sehingga sanggup melayani masyarakat secara optimal, |
b. | Menugaskan seorang guru atau tenaga kependidikan untuk melayani dan merekam seruan dan pemdiberian informasi serta pengaduan dari masyarakat berkaitan dengan pengelolaan sekolah, serta didokumentasikan dengan baik sebagai materi laporan kepada Dinas Pendidikan Kota, |
c. | Membentuk TIM untuk menyediakan akomodasi informasi yang efisien, efektif, dan simpel diakses melayani seruan dan pemdiberian informasi serta pengaduan dari masyarakat berkaitan dengan pengelolaan sekolah, |
d. | Memerintahkan seorang guru atau tenaga kependidikan untuk menyediakan akomodasi informasi yang efisien, efektif, dan simpel diakses, sehingga sanggup melayani masyarakat secara optimal. |
e. | Memerintahkan petugas TU untuk menfasilitasi untuk melayani masyarakat |
21. | Untuk memenuhi Standar Pengelolaan Ruang Multi Media yang dimiliki sudah siap dan lengkap isinya dan akan dimanfaatkan secara optimal. Menyikapi hal tersebut Kepala Sekolah ... |
a. | Mengadakan rapat dewan pendidik wacana optimalisasi memanfaatkan ruang multimedia oleh tiruana mata pelajaran, |
b. | Memdiberikan surat edaran kepada tiruana guru untuk memanfaatkan ruang multimedia tersebut secara optimal, |
c. | Mengadakan rapat dewan pendidik wacana optimalisasi memanfaatkan ruang multimedia oleh tiruana mata pelajaran dan dipantau memanfaatkannya melalui jumal penerapan ruang media, |
d. | Mengedarkan surat pernyataan kepada tiruana guru untuk ditanhadirani dan dikembalikan sehingga guru akan memanfaatkan ruang multimedia tersebut secara optimal |
e. | Membuat undangan untuk rapat dewan pendidikan dalam rangka memanfaatkan ruang multimedia. |
22. | Kepala sekolah sebagai pimpinan di satuan pendidikan dituntut untuk mempunyai kompetensi kepribadian, kecuali? |
a. | tanggung tanggapan dan komitmen terhadap tugas. |
b. | mampu menyesuaikan diri dengan perkantoran. |
c. | berkeinginan antuk terus mengasah keterampilan diri. |
d. | inovatif, kreatif mengembangkan sekolah. |
e. | educator, manager, supervisior, leader, inovator. |
23. | Di pertama tahun pelajaran kepala sekolah memutuskan aktivitas peningkatan kesejahteraan guru, tiruana pendidik dan tenaga kependidikan merasa senang lantaran tuntutannya terpenuhi, di tengah perjalanan pemasukan keuangan tersendat lantaran dampak kenaikan barang, menyikapi hal tersebut kepala sekolah: |
a. | rnenghentikan kenaikan uang transport, lantaran PNS sudah mendapat penghasilan. |
b. | tetap uang transport didiberikan, sekalipun devisit keuangan sekolah dan melaksanakan perubahan RAKS. |
c. | pembayaran uang transport pembayarannya ditunda. |
d. | pinjam uang koperasi sekolah untuk mengatasi lambatnya pemasukan. |
e. | menaikan jumlah SPP |
24. | Penempatan Kepala Sekolah di sekolah baru, keadaan tenaga pendidik dan kependidikan terbatas, masukana pramasukana terbatas untuk menjalankan kiprah kepala sekolah! |
a. | mengingat tiruana guru dan TU tenaga gres belum pengalaman maka, tiruana kiprah mengerjakan sendiri semoga cepat selesai. |
b. | tiruana dikerjakan dengan lambat yang penting selesai dan selamat. |
c. | aku memahami keadaan, tiruana guru dan TU diikut-sertakan workshop semoga SDM mengikat. |
d. | menyusun struktur organisasi, menyusun uraian kiprah (tupoksi) tiruana dikerjakan bersama sama untuk menuntaskan pekerjaan. |
e. | menyusun visi, misi dan membuat aktivitas dan stuktur organisasi sekolah |
25. | Kepala Sekolah ditekan oleh wartawan dan LSM atasi block grant peningkatan mutu, sehingga kepala sekolah tidak krasan di sekolah, hasil audit kepala sekolah tidak bersalah? |
a. | Mempertahankan tetap mengemban amanat, apa pun yang terjadi. |
b. | Mengajukan mutasi semoga terdapat suasana kerja baru. |
c. | Menantang siapa pun orangnya yang menekan. |
d. | Wartawan dan LSM yakni kawan dalam menjalankan tugas. |
e. | Memohon training untuk memperbaiki sesuai dengan hukum yang berlaku. |
26. | Sebagai pimpinan dalam stratifikasi sosial sekolah, Kepala Sekolah yakni tingkatan tertinggi, ada sekelompok guru tidak pernah mempedulikan kepala sekolah dan tidak pernah menegur Kepala Sekolah kalau saling jumpa, perilaku kepala sekolah? |
a. | biar saja, asal tidak mengganggu. |
b. | guru tersebut didiberi surat panggilan, lantaran kepala sekolah penguasa tunggal di sekolah. |
c. | Kepala Sekolah setiap pagi menyambut kehadirannya dengan menyapa dan memberikan salam. |
d. | mengabsen guru-guru untuk menyidik kedisiplinannya, semoga ikut memikirkan sekolah. |
e. | memanggil untuk dibina |
27. | Perubahan-perubahan selalu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah baik perubahan kurikulum, manajemen pendidikan, model dan taktik pembelajaran maupun pengelolaannya untuk melaksanakan perubahan... |
a. | merasa tidak yummy melaksanakan perubahan, khawatir pada guru-guru yang tidak mendukung. |
b. | selalu menunggu petunjuk dan kode Kepala Dinas semoga tidak menyalahi prosedur. |
c. | melakukan keseimbangan dalam mengembangkan pendidikan antara sekolah, dinas pendidikan dan pemerintah daerah/pusat. |
d. | memerintahkan untuk melukukan perubahan demi perbaikan mutu pendidikan. |
28. | Pengambilan keputusan untuk menuntaskan permasalahan sangat dipengaruhi keterampilan, skill, attitude, style kepemimpinan....... |
a. | Dalam pengambilan keputusan kepala sekolah mutlak bertanggung tanggapan utama. |
b. | melaluiataubersamaini senang hati mendengar pendapat, masukan orang lain sebagai materi pengambilan keputusan. |
c. | Keputusan didasarkan pada hukum saja. |
d. | Memiliki perilaku tertutup sehingga persoalan tidak makin keruh dan simpel penyelesaiannya. |
e. | Sebagai pemimpin mempunyai kompetensi yang profesional. |
29. | Seorang guru menghujat kepala sekolah ketika ada rapat dinas, rnencemooh dan mengKoreksi habis-habisan tidak puas atas kepemimpinannya......... |
a. | Perilaku guru tersebut sangat kelewat, sehingga menurunkan harga diri maka perlu ditantang. |
b. | Guru tersebut tidak mempunyai tata krama maka diusulkan untuk dimutasi. |
c. | Biar saja meledak-ledak dalam memberikan pendapat, guru tersebut difahamkan dan dijelaskan semoga mengerti, |
d. | Tidak perlu dijawaban, semoga suasana rapat terus terkendali. |
e. | Guru tersebut tidak mempunyai etika birokrasi |
30. | Kepala Sekolah mendapatkan telepon dan seseorang mencari guru, ketika dihubungi dan dicari, guru tersebut tidak masuk tanpa keterangan, kepala sekolah menjawaban telepon.... |
a. | maaf, guru tersebut tidak ada. |
b. | sepertinya guru tersebut tidak hadir. |
c. | guru tersebut tidak hadir, ada yang sanggup saya menolong... |
d. | guru tersebut saya diberi tugas, saya dengan senang hati untuk mendapatkan titipan pesan... |
e. | maaf, apa yang bisa saya menolong |
31. | Perkelahian antar pelajar terjadi di luar sekolah, pada dikala jam mencar ilmu segerombolan siswa mencari siswa di sekolah yang saudara pimpin, perilaku kepala sekolah adalah........ |
a. | Mempersilahkan masuk diselesaikan secara kekeluargaan. |
b. | Menghubungi polisi semoga segerombolan siswa ditangkap dan diadili. |
c. | Mernbiarkan segerombolan siswa menerima, semoga jadi pelajaran. |
d. | Mernpersilahkan masuk, segerombolan didata, menghubungi kepala sekolah untuk melindungi siswanya sendiri. |
e. | Diselesaikan dengan BK |
32. | Sekolah memperoleh kebebasan untuk berhubungan dengan pihak lain dengan memperhatikan kriteria........ |
a. | Keuntungan dan kerugian dari kerjasama |
b. | Kemampuan berhubungan dengan banyak sekali pihak. |
c. | Keluwesan berhubungan dengan banyak sekali pihak. |
d. | Santun dalam berhubungan dengan banyak sekali pihak |
e. | Mengikuti etika birokrasi yang berlaku |
33. | Untuk meraih kejuaraan akademis atau ekstrakurikuler sekolah mempersiapkan dengan aktivitas yang terperinci dan dilaksanakan sesuai dengan jadwal kegiatan kerjasama, dalam pelaksanaannya Kepala sekolah........ |
a. | selaku pimpinan penentu kesuksesan |
b. | sebagai top leader terdepan dalam kegiatan |
c. | melibatkan siswa, pendidik dan tenaga kependidikan |
d. | melibatkan orang hebat semoga juara |
e. | mempersembahkan motivasi |
34. | Sekolah keberadaannya tidak lepas dengan masyarakat di sekitarnya baik secara budaya, social dan ekonomi, pemahaman terhadap lingkungan menjadi penting sebagai Kepala Sekolah....... |
a. | terlibat kegiatan RT-RW bukan kepentingan sekolah. |
b. | kegiatan karang taruna sebagai wadah cowok desa |
c. | partisipasi aktif dalam kegiatan sosial di sekitar sekolah sampai skala nasional |
d. | aktif dalam kegiatan sosial di sekitar sekolah sampai skala nasional. |
e. | melibatkan komite sekolah |
35. | Jika dilingkungan sekolah terjadi bencana, dalam anggaran belanja sekolah tidak terprogram maka, kecuali...... |
a. | Kepala Sekolah membuka amal bencana. |
b. | Kepala Sekolah mempunyai kepekaan sosial tetap memdiberi sumbangan. |
c. | Kepala Sekolah dengan uang langsung menyumbang. |
d. | Sumbangan impulsif menolongan bencana. |
e. | Kepala Sekolah membuat edaran |
36. | Terlibatnya siswa, pendidik dan tenaga kependidikan dalam ekstra kurikuler yang melibatkan banyak pihak luar sekolah tergolong dimensi kompetensi Kepala Sekolah……. |
a. | Pribadi |
b. | Sosial |
c. | Manajerial |
d. | Akademis |
e. | Profesional |
37. | Partisipasi aktif dalam kegiatan kecamatan, kabupaten/kota termasuk masuk dimensi kompetensi Kepala Sekolah......... |
a. | Kepribadian |
b. | Manajerial |
c. | Sosial |
d. | Sektoral |
e. | Akademik |
38. | Berakhlak mulia, mengembangkan budaya dan tradisi adat mulia, dan menjadi teladan adat mulia bagi komunitas di sekolah/madrasah tergolong dimensi kompetensi….... |
a. | Kepribadian |
b. | Manajerial |
c. | Sosial |
d. | Moral |
e. | Profesional |
39. | Menciptakan penemuan yang mempunyai kegunaan bagi pengembangan sekolah, mempunyai motivasi dan besar lengan berkuasa untuk sukses dalam melaksanakan kiprah pokok dan fungsinya sebagai pemimpin sekolah/madrasah tergolong dimensi kompetensi....... |
a. | Kepribadian |
b. | Manajerial |
c. | Sosial |
d. | kewirausahaan |
e. | Akademis |
40. | Membuka perbengkelan sekolah untuk umum dan untuk mengelola kegiatan produksi dan jasa sebagai sumber mencar ilmu peserta didik yakni ialah dimensi kompetensi….... |
a. | Kepribadian |
b. | Produktivitas |
c. | Manajerial |
d. | Kewirausahaan |
e. | Sosial |
Ini spesialuntuk sekedar misal Soal Pre Test (Pretest) Kepala Sekolah Pembelajar, gampang-gampangan bermanfaa.
loading...

0 Response to "Contoh Soal Pre Test (Pretest) Pkb Kepala Sekolah"
Posting Komentar