Latihan Soal Ulangan Pat (Ukk) Biologi Sma Kelas 10 Semester 2
![]() |
| LATIHAN SOAL ULANGAN (UKK) BIOLOGI Sekolah Menengan Atas KELAS 10 SEMESTER 2 |
Latihan Soal UKK Biologi Sekolah Menengan Atas Kelas 10 Semester 2
1. Adanya keguakaragaman gen menjadikan hal di bawah ini, kecuali … .
A. keguakaragaman hayati
B. keguakaragaman tingkat individu
C. setiap makhluk hidup mempunyai aksara yang tidak sama
D. tidak adanya satu individupun yang sama dengan yang lain
E. variasi di tingkat bioma
A. keguakaragaman hayati
B. keguakaragaman tingkat individu
C. setiap makhluk hidup mempunyai aksara yang tidak sama
D. tidak adanya satu individupun yang sama dengan yang lain
E. variasi di tingkat bioma
2. Keguakaragaman gen terdapat pada pasangan diberikut ini, kecuali … .
A. mangga manalagi – mangga gadung
B. kelapa gading – kelapa kopyor
C. ayam bangkok – ayam cemani
D. kucing hutan – kucing angora
E. padi PB – padi bengawan
A. mangga manalagi – mangga gadung
B. kelapa gading – kelapa kopyor
C. ayam bangkok – ayam cemani
D. kucing hutan – kucing angora
E. padi PB – padi bengawan
3. Capaea nemoralis yaitu siput yang mempunyai warna dan contoh cangkang yang tidak sama. Hal itu untuk menyesuaikan diri dengan habitat dan menghindari predator. Perbedaan warna dan contoh cangkang tersebut disebabkan oleh … .
A. perbedaan struktur gen penentu warna dan contoh cangkang
B. perbedaan jumlah kromosom
C. perbedaan struktur gen dan jumlah kromosom
D. perbedaan jenis makanan
E. seleksi alam dan evolusi
A. perbedaan struktur gen penentu warna dan contoh cangkang
B. perbedaan jumlah kromosom
C. perbedaan struktur gen dan jumlah kromosom
D. perbedaan jenis makanan
E. seleksi alam dan evolusi
4. Ekosistem sangat berguakaragam . Keguakaragaman ekosistem sanggup ditunjukkan oleh adanya perbedaan komponen diberikut ini, kecuali … .
A. komponen biotik
B. jenis produsen
C. jenis konsumen
D. sumber energi primer
E. produktivitas
A. komponen biotik
B. jenis produsen
C. jenis konsumen
D. sumber energi primer
E. produktivitas
5. Garis Walllace membagi wilayah Indonesia menjadi kawasan Oriental dan Australia berdasarkan …
A. penyebaran flora
B. penyebaran fauna
C. kekhasan tanaman dan fauna
D. keguakaragaman tanaman dan fauna
E. tanaman dan fauna endemik
A. penyebaran flora
B. penyebaran fauna
C. kekhasan tanaman dan fauna
D. keguakaragaman tanaman dan fauna
E. tanaman dan fauna endemik
6. Berikut beberapa ciri fauna:
1) warna burung tidak menarikdanunik
2) binatang mamalia besar
3) ditemukan primata
4) ditemukan anoa dan kuskus
Yang ialah ciri fauna wilayah Oriental yaitu … .
A. 1, 2, 3
B. 1, 2, 3, 4
C. 1, 3
D. 2, 4
E. 4
1) warna burung tidak menarikdanunik
2) binatang mamalia besar
3) ditemukan primata
4) ditemukan anoa dan kuskus
Yang ialah ciri fauna wilayah Oriental yaitu … .
A. 1, 2, 3
B. 1, 2, 3, 4
C. 1, 3
D. 2, 4
E. 4
7. Perhatikan perjuangan pelestarian alam diberikut:
1) kebun koleksi
2) kebun plasma nutfah
3) kebun raya
4) taman nasional
Pelestarian secara ex situ ditunjukkan oleh … .
A. 1, 2, 3
B. 1, 3
C. 1, 2, 3, 4
D. 2, 4
E. 4
1) kebun koleksi
2) kebun plasma nutfah
3) kebun raya
4) taman nasional
Pelestarian secara ex situ ditunjukkan oleh … .
A. 1, 2, 3
B. 1, 3
C. 1, 2, 3, 4
D. 2, 4
E. 4
8. Menurut tata nama binomial nomenclature , penulisan nama jenis yang benar yaitu … .
A. Hibiscus rosa-sinensis
B. Hibiscus rosasinensis
C. Hibiscus rosa sinensis
D. Passer domesticus-niloticus
E. Paramecium sp
A. Hibiscus rosa-sinensis
B. Hibiscus rosasinensis
C. Hibiscus rosa sinensis
D. Passer domesticus-niloticus
E. Paramecium sp
9. Simpanse dan gorilla dimasukkan dalam dalam famili yang sama lantaran … .
A. keadaan kulit
B. posisi susunan saraf
C. jumlah pasang anggota gerak
D. perbandingan lengan dan kaki
E. macam rangka yang sama
A. keadaan kulit
B. posisi susunan saraf
C. jumlah pasang anggota gerak
D. perbandingan lengan dan kaki
E. macam rangka yang sama
10. Perhatikan kelompok binatang diberikut:
Kelompok I
Kelompok II
Kelompok III
Paus
Harimau
Ikan emas
Hiu
Kijang
Kodok
Ubur-ubur
Kelinci
Mujair
Kuda laut
Kuda
Lele
Pengelompokan binatang diatas berdasarkan … .
A. manfaat
B. habitat
C. alat gerak
D. morfologi
E. anatomi
Kelompok I
Kelompok II
Kelompok III
Paus
Harimau
Ikan emas
Hiu
Kijang
Kodok
Ubur-ubur
Kelinci
Mujair
Kuda laut
Kuda
Lele
Pengelompokan binatang diatas berdasarkan … .
A. manfaat
B. habitat
C. alat gerak
D. morfologi
E. anatomi
11. Keguakaragaman hayati sanggup dipelajari untuk dipakai dan dilestarikan dengan memakai sistem pengklasifikasian makluk hidup. Yang ialah tujuan penjabaran yaitu … .
A. memilih persamaan dan perbedaan makhluk hidup
B. mempersembahkan nama pada tiruana makhluk hidup
C. menyederhanakan objek studi ihwal makhluk hidup
D. mencari perbedaan dan persamaan cirri
E. mengelompokkan golongan mahkluk hidup
A. memilih persamaan dan perbedaan makhluk hidup
B. mempersembahkan nama pada tiruana makhluk hidup
C. menyederhanakan objek studi ihwal makhluk hidup
D. mencari perbedaan dan persamaan cirri
E. mengelompokkan golongan mahkluk hidup
12. Mengapa lumut disebut peralihan antara tanaman thallus dengan tanaman berkormus?
A. lantaran lumut masih mengalami metagenesis
B. lumut menghasilkan spora tapi tidak menghasilkan biji
C. lumut tidak mempunyai kambium
D. lumut belum mempunyai akar sejati
E. lumut ialah tanaman tingkat rendah
A. lantaran lumut masih mengalami metagenesis
B. lumut menghasilkan spora tapi tidak menghasilkan biji
C. lumut tidak mempunyai kambium
D. lumut belum mempunyai akar sejati
E. lumut ialah tanaman tingkat rendah
13. Berikut ini metagenesis tanaman lumut!
Bagian yang ditunjukkan oleh X dan Y secara berturut-turut yaitu … .
A. protonema, sporangium
B. protonema, sporogonium
C. protalium, sporangium
D. protalium, sporogonium
E. sporofit, gametofit
Bagian yang ditunjukkan oleh X dan Y secara berturut-turut yaitu … .
A. protonema, sporangium
B. protonema, sporogonium
C. protalium, sporangium
D. protalium, sporogonium
E. sporofit, gametofit
14. Protalium betina pada Selaginella sp. ialah hasil pertumbuhan dari … .
A. sporangium
B. stobilus
C. sporofit
D. makrospora
E. mikrospora
A. sporangium
B. stobilus
C. sporofit
D. makrospora
E. mikrospora
15. Berikut ini ciri-ciri tanaman yang tergolong kormofita berspora :
1) daun yang masih muda menggulung
2) mempunyai kormus
3) akar berupa rizoid
4) akar sejati
5) belum mempunyai xilem dan floem
Ciri tanaman paku ditunjukkan oleh … .
A. 1, 2, 3
B. 1, 2, 4
C. 1, 3, 5
D. 2, 3, 4
E. 2, 4, 5
1) daun yang masih muda menggulung
2) mempunyai kormus
3) akar berupa rizoid
4) akar sejati
5) belum mempunyai xilem dan floem
Ciri tanaman paku ditunjukkan oleh … .
A. 1, 2, 3
B. 1, 2, 4
C. 1, 3, 5
D. 2, 3, 4
E. 2, 4, 5
16. Tumbuhan paku yang bersimbiosis dengan Anabaena yaitu …yang berperan untuk… .
A. Lycoodium, mengikat oksigen dari udara
B. Asplenium, mengikat oksigen dari udara
C. Adiantum, mengikat oksigen dari udara
D. Azolla pinnata, mengikat nitrogen dari udara
E. Marsilea, mengikat nitrogen dari udara
A. Lycoodium, mengikat oksigen dari udara
B. Asplenium, mengikat oksigen dari udara
C. Adiantum, mengikat oksigen dari udara
D. Azolla pinnata, mengikat nitrogen dari udara
E. Marsilea, mengikat nitrogen dari udara
17. Berikut beberapa ciri tumbuhan:
1) alat perkembangbiakan berupa biji yang dihasilkan oleh bunga atau runjung
2) sperma menuju ke sel telur melalui tabung serbuk sari
3) mempunyai jaenteng pembuluh yang rumit
4) embrio berkutub dua
Ciri tanaman berbiji ditunjukkan oleh … .
A. 1, 2, 3
B. 1, 3
C. 1, 2, 3, 4
D. 2, 4
E. 4
1) alat perkembangbiakan berupa biji yang dihasilkan oleh bunga atau runjung
2) sperma menuju ke sel telur melalui tabung serbuk sari
3) mempunyai jaenteng pembuluh yang rumit
4) embrio berkutub dua
Ciri tanaman berbiji ditunjukkan oleh … .
A. 1, 2, 3
B. 1, 3
C. 1, 2, 3, 4
D. 2, 4
E. 4
18. Kelas dari Gymnorpermae yang memliki ciri: batang meranggas pada waktu isu terkini gugur, daun berbentuk sepert kipas, biji berdasarkan pakar farmasi sanggup menajamkan daya ingat, tanaman tersebut yaitu … .
A. Cycadinae
B. Ginkgoinae
C. Coniferae
D. Gnetinae
E. Equsetinae
A. Cycadinae
B. Ginkgoinae
C. Coniferae
D. Gnetinae
E. Equsetinae
19. Perbedaan antara monokotil dan dikotil adalah…
Faktor pembeda
Monokotil
Dikotil
Faktor pembeda
Monokotil
Dikotil
A.
Jumlah kotiledon
2
1
Jumlah kotiledon
2
1
B.
Jumlah cuilan bunga
kelipatan 4 atau 5
kelipatan 3
Jumlah cuilan bunga
kelipatan 4 atau 5
kelipatan 3
C.
Susunan tulang daun
sejajar
menjari, menyirip
Susunan tulang daun
sejajar
menjari, menyirip
D.
Akar
tunggang
serabut
Akar
tunggang
serabut
E.
Batang
berkambium
tidak berkambum
Batang
berkambium
tidak berkambum
20. Pada perkembangbiakan kormofita berbiji, terjadi beberapa peristiwa:
1) melekatnya serbuk sari pada kepala putik
2) melekatnya serbuk sari pada tetes penyerbukan
3) inti buluh serbuk berupa inti vegetatif, spermatozoa dan sel dinding
4) inti buluh serbuk antara lain inti vegetatif, inti generatif 1 dan 2
5) hasil pembuahan II berkromosom 3n
6) hasil pembuahan I berkromosom 4n
Yang terjadi pada tanaman Tamarindus indica ( asam ) ditunjukkan oleh nomor … .
A. 1, 3, 5
B. 1, 3, 6
C. 1, 4, 5
D. 2, 3, 6
E. 2, 4, 6
1) melekatnya serbuk sari pada kepala putik
2) melekatnya serbuk sari pada tetes penyerbukan
3) inti buluh serbuk berupa inti vegetatif, spermatozoa dan sel dinding
4) inti buluh serbuk antara lain inti vegetatif, inti generatif 1 dan 2
5) hasil pembuahan II berkromosom 3n
6) hasil pembuahan I berkromosom 4n
Yang terjadi pada tanaman Tamarindus indica ( asam ) ditunjukkan oleh nomor … .
A. 1, 3, 5
B. 1, 3, 6
C. 1, 4, 5
D. 2, 3, 6
E. 2, 4, 6
loading...
----------------------------------------------------------------------------------

0 Response to "Latihan Soal Ulangan Pat (Ukk) Biologi Sma Kelas 10 Semester 2"
Posting Komentar