Pengertian Prestasi Berguru
![]() |
Pengertian Prestasi belajar |
Belajar sendiri mempunyai pengertian yang sangat umum dan luas. Dalam engkaus bahasa Indonesia, secara etimologis belajar memilki arti “ berusaha memperoleh kepandaian atau ilmu”. Definisi ini mengandung pengertian bahwa belajar adalah sebuah kegiatan untuk mencapai kepandaian atau ilmu. Di sini, perjuangan untuk mencapai kepandaian atau ilmu ialah perjuangan insan untuk memenuhi kebutuhannya mendapatkan ilmu atau kepandaian yang belum dipunyai sebelumnya. Sehingga dengan belajar, insan itu menjadi tahu, memahami, mengerti, sanggup melaksanakan dan mempunyai wacana sesuatu (Fudyartanto dalam Baharudin dan Esa Nur Wahyuni, 2007:13)
Sedangkan berdasarkan Hilgrad dan Bower dalam Baharudin dan Esa Nur Wahyuni (2007:13), belajar (to learn) mempunyai arti : 1) to gain knowledgw, comprehension, or mastery of trough experience or study, 2) to fix in the mind or memory, memorize, 3) to acquire trough experience, 4) to become in forme of to find out. Menurut definisi tersebut , belajar memiliki pengertian memperoleh pengetahuan atau menguasai pengetahuan melalui pengalaman, mengingat, menguasai pengalaman, dan mendapatkan informasi atau menemukan. melaluiataubersamaini demikian belajar memiliki arti dasar adanya acara atau kegiatan.
Dapat dikatakan bahwa sepanjang hidup seseorang mengalami proses belajar. Belajar dapat diperoleh dari pengalaman. melaluiataubersamaini pengalaman tersebut seseorang sanggup berbagi dan mengubah cara dan gaya melihat, mendengar atau mengerjakan sesuatu. Dari pengalaman itu juga seseorang mendapatkan dan membentuk pengetahuan, nilai, perilaku tertentu wacana dunia dan lingkungan sekitar. Winkel (2007 : 59) beropini bahwa belajar adalah suatu acara mental/psikis, yang berlangsung dalam interaksi aktif dengan lingkungan, yang menghasilkan perubahan-perubahan dalam pengetahuan pemahaman, ketrampilan dan nilai-sikap. Perubahan itu bersifat relatif konstan dan berbekas. Belajar harus dilakukan secara aktif dan terus menerus melalui aneka macam pengalaman, tes, atau pendidikan sehingga dihasilkan kecakapan atau ketrampilan gres yang berupa perubahan tingkah laris yang bersifat permguan.
Perubahan tingkah laris yang sanggup diamati dari penampilan orang yang belajar adalah prestasi belajar. Pengertian Prestasi belajar ialah hasil atau kecakapan yang dicapai seseorang sehabis melaksanakan belajar dalam waktu tertentu. Prestasi berguru tersebut ditetapkan dalam bentuk nilai atau angka yang diperoleh siswa sehabis mengikuti suatu tes yang diadakan sehabis final suatu acara pembelajaran. Dari nilai atau angka tersebut sanggup diperoleh informasi wacana pengetahuan dan ketrampilan yang sudah diperoleh siswa.
Prestasi berguru adalah hasil belajar yang diwujudkan dalam bentuk kognitif, afektif, dan psikomotor (Sunaryo, 1983:4). Tujuan pendidikan yakni berbagi dan meningkatkan kepribadian individu yang sedang melaksanakan proses pendidikan. Perkembangan kepribadian bersahabat hubungannya dengan perubahan tingkah laris yang sudah dihasilkan.
Menurut Dimyati dan Mudjiono, (2006:3), prestasi berguru ialah hasil dari suatu interaksi tindak belajar dan tindak mengajar. Sedangkan Menurut Gagne dalam Dimyati dan Mudjiono (2006:11-12), pengertian prestasi berguru dibedakan menjadi lima aspek, yaitu : 1) Informasi verbal, yaitu kapabilitas untuk mengungkapkan pengetahuan dalam bentuk bahasa, baik mulut maupun tertulis, 2) ketrampilan intelektual, yaitu kecakapan yang berfungsi untuk berafiliasi dengan lingkungan hidup serta mempresentasikan konsep dan lambang, 3) Strategi kognitif, yaitu kemampuan menyalurkan dan mengarahkan acara kognitifnya sendiri, Kemampuan ini mencakup penerapan konsep dan kaidah dalam pemecahan masalah, 4) ktrampilan motorik, yakni kemampuan melaksanakan serangkaian gerak jasmani dalam urusan dan koordinasi, sehingga terwujud otomatisme gerak jasmani, dan 5) sikap, yakni kemampuan mendapatkan dan menolak obyek berdasarkan evaluasi terhadap obyek itu. Jadi, prestasi berguru ialah hasil dari interaksi proses pembelajaran yang mencakup aspek kognitif, afektif atau perilaku dan psikomotorik.
Prestasi belajar ialah hasil yang dicapai siswa dalam belajar,yang menunjukkan taraf kemampuan siswa dalam mengikuti acara belajar dalam waktu tertentu sesuai dengan kurikulum yang sudah ditentukan. Pengertian Prestasi berguru ini sering dicerminkan sebagai nilai (hasil belajar) yang memilih berhasil tidaknya siswa belajar . Prestasi berguru ialah terminaldari proses pendidikan dan pengajaran (Winarno,1981:2). Prestasi selalu berkaitan dengan keunggulan setiap individu ingin berprestasi, alasannya yakni ingin mencapai sukses dan berhasil dalam berkompetisi dengan beberapa keunggulan (Standart of exellence). Orang yang mencapai standar keunggulan selalu berorientassi pada hasil,dengan semangat juang tinggi untuk meraih tujuan (TimWRI.2001 : 171). Hal ini berarti bahwa prestasi yakni hasil yang dicapai darisuatu tindakan atau perjuangan yang sudah dilaksanakan oleh seseorang.
Demikian halnya dengan kegiatan belajar mengajar, prestasi berguru ialah hasil yang dicapai oleh siswa sesudah melakukan proses belajar. Sugirahayu (1988:20) mengemukakan bahwa prestasi berguru pada dasarnya ialah kemampuan gres yang kualitatif dan lebih tinggi dibandingkan kemampuan yang sudah dimiliki sebelumnya. Prestasi berguru ialah cerminan tingkat keberhasilan siswa dalam menguasai konsep yang sudah dipelajarinya. Prestasi berguru dapat diketahui dengan alat ukur berupa butir tes yang dirancang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang dijabarkan pada indikator pembelajaran. Melalui pengukuran dan evaluasi dalam pembelajaran, diketahui tingkat keberhasilan siswa dalam belajar, yang diwujudkan dalam bentuk prestasi belajar. Mengukur prestasi berguru yang ialah hasil yang sudah dicapai siswa dalam belajar sangat penting dalam dunia pendidikan, lantaran untuk mengetahui kemajuan dan keberhasilan acara pendidikan.
loading...
0 Response to "Pengertian Prestasi Berguru"
Posting Komentar